KRL Seri JR203 Tiba di Tanjung Priuk

15.50

Salah satu gerbong KRL seri JR203 saat dikeluarkan dari lambung kapal.
Berangkat dari pelabuhan Niigata di Jepang pada tanggal 20 Juli, kapal yang membawa 20 unit KRL JR203 memerlukan waktu 12 hari atau hampir seminggu untuk menempuh perjalanan dari Jepang ke Indonesia. Tanggal 2 Agustus kapal Sunrise Ekspress berbendera Indonesia merapat di pelabuhan Tanjung Priuk dan memulai proses Unloading gerbong KRL pada pukul 1 siang. Seperti biasanya kapal merapat di Dermaga 304 pelabuhan Tanjung Priuk. Rangkaian pertama yang dikeluarkan dari lambung kapal adalah Mato 51(クハ203-1F). Berikut dokumentasi saat penurunan gerbong KRL seri JR203 di Dermaga 304.

Gerbong dikeluarkan dari kapal lalu diangkut menggunakan truc trailer menuju stasiun Pasoso yang berjarak sekitar 700m dari dermaga. Ada 3 truc trailer yang standby untuk mengangkut keseluruhan rangkaian JR203. Di stasiun Pasoso, gerbong yang sebelumnya diangkut menggunakan trailer dari dermaga dipindahkan ke atas rel.

Langsung ditaruh diatas Trailer

Tiba di area stasiun Pasoso

Di stasiun Pasoso gerbong dipindahkan keatas rel menggunakan 2 Crane.
Tidak seperti biasanya, butuh waktu hampir 12 jam untuk proses unloading 1 rangkaian KRL seri JR203 ini dari mulai keluar kapal hingga ditaruh diatas rel. Sangat berbeda dengan proses unloading KRL seri 6000 Tokyo Metro yang hanya memerlukan waktu sekitar 7 jam saja untuk proses unloading 1 rangkaian. Setelah siap, 1 rangkaian KRL ini ditarik ke Balai Yasa Manggarai menggunakan lokomotif.

Rangkaian pertama KRL seri JR203(Mato51)
Untuk rangkaian pertama, digunakan lokomotif CC20179R untuk menarik rangkaian pertama JR203 ini. Rangkaian pertama ini tiba di stasiun Manggarai pukul 01:30 malam. Sesampainya di Manggarai, rangkaian ini langsung ditarik ke dalam Balai Yasa menggunakan 2 lokomotif seri D301.



Setelah rangkaian pertama(Mato51) selesai, proses unloading rangkaian kedua(Mato66) langsung dilakukan hingga siang hari. Rangkaian kedua tiba di manggarai pukul 13:00. Namun saya tidak dapat melihat proses unloading rangkaian kedua karena ada urusan penting lainnya.

Berikut foto tambahan interior KRL seri JR203.


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Blog orang kebanyakan hobi. Kalian bisa ngeliat info tentang #Kereta, #Bioskop, #reviewFilm, #kapalLaut, sama #Bis disini. So, enjoy my blog!